Seseorang yang lahir pada tanggal 5 July 1997, yang ketika masa remajanya dipanggil dengan nama Bang Biyik.

Rabu, 11 Mei 2016

Jenis-jenis Senar Gitar

Jenis-jenis Senar Gitar, ada dua jenis senar yang dapat digunakan oleh para guitaris, yaitu senar yang berbahan dasar nylon dan senar yang terbuat dari kawat baja. Senar nylon biasa digunkan pada jenis gitar klasik atau akustik, Sedangkan senar baja bisa digunakan pada jenis gitar apa pun dengan masing-masing ukuran senar seperti yang terdapat dalam tabel dibawah ini.
Tabel jenis-jenis senar akustik
Tabel jenis-jenis senar elektrik
Penggunaan senar dengan diameter yang semakin tebal dan berat akan menghasilkan tegangan yang lebih besar, sehingga senar akan sulit di tekan dan dibending. serta jarak senar dengan fret pun semaksin besar. Sementara itu penggunaan diameter senar yang lebih tipis dan ringan, akan membuat anda mudah memetik atau memainkannya. Namun, suara yang dihasilkan oleh senar tipis lebih cempreng dibandingkan dengan suara yang dihasilkan oleh senar tebal.
Hal yang perlu diperhatikan sebelum mengganti senar gitar:
  1. Perhatikan desain Nut pada gitar sehingga anda perlu menyesuaikan jenis senar dan jenis Nut-nya. Beberapa merk senar yang digunakan adalah Martin Guitar Strings, Gibson Guitar Strings, Fender, Erni Ball, D'Addario, dan Dean Markley. 
  2. Belilah 1 set senar dengan ukuran yang sudah di standarisasi.
  3. Pemakaian senar akan mengumpulkan kotoran sehingga senar akan menimbulkan getaran yang tidak rata dan cepat berkarang. Dengan demikian, penggunaan senar dalam waktu yang sering akan cepat menimbulkan kerusakan. Salah satu solusi untuk menjadikan senar awet adalah dengan menyekanya menggunkan cairan khusus pembersih senar setiap kali habis bermain gitar.
  4. Teliti ukuran Tension pada kemasan senar karena hal itu akan menentukan seberapa besar energi yang harus anda keluarkan untuk menekan senar dengan tension yang besar. Semakin besar ukuran tension-nya, maka jari-jari anda pun harus lebih kuat untuk menekan senarnya.
  5. Pilih jenis senar dengan kemasan coated yang dilengkapi dengan pelindung antikarat karena akan lebih tahan lama.
Baca juga:

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Comments

Formulir Kontak



Kategori

Comment

Chat Me

Artikel Terbaru