Seseorang yang lahir pada tanggal 5 July 1997, yang ketika masa remajanya dipanggil dengan nama Bang Biyik.

Selasa, 19 April 2016

Sejarah Musik Country di dunia

Musik Country adalah  musik campuran dari unsur-unsur musik di Amerika Selatan, lebih tepatnya di daerah pegunungan Appalacia. Genre musik ini lahir dari lagu rakyat Amerika Utara dengan menggunakan campuran aransemen musik Kelt dan Gospel. Pada abad ke-19 musik Country mulai menyebar di awali oleh kelompok-kelompok Imigran Amerika Serikat yang berasal dari berbagai daerah di Eropa, seperti Spanyol, Jerman, Irlandia, Italia, dan Britania. Kelompok-kelompok imigran ini sebagian tinggal di Texas, disini mereka menyatu dengan orang-orang mexico-amerika penduduk asli Amerika.

"Little Log Cabin In The Land" adalah album Country pertama yang dinyanyikan oleh John Carson yang di produksi oleh Okeh Records pada tahun 1923. Pada tahun 1924 mulai banyak rekaman musik Country salah satunya seperti Columbia dengan albumnya yang berjudul "Old Familiar Tunes". Setelah kejayaan dua album tersebut musik country mulai berkembang pesat, mulai tahun 1927 dan berlangsung sekitar 17 tahun lamanya Cartens sudah merekam 300 lagu balada country lama, dan lagu country tradisional dan sekitar tahun 1930-an sampai 1940-an lagu-lahu ala cowboy mulai menghiasi dunia Hollywood. Rekaman yang dianggap sebagai rekaman pertama sejarah musik country adalah lagu "Sallie Gooden" dari pemain Fiddle A.C (Eck) Robertson yang dirilis tahun 1922 oleh Victory Record. Dan dari sinilah muncul para musisi blues yang menjadi awal dari perkembangan musik blues seperti Riley Puckett, Don Richardson, Fiddlin' John Carson, Al Hopkins dan sebagainya.
Merle Haggard
Merle Haggard adalah salah satu legenda musisi country dunia yang sudah merilis lebih dari 80 album dalam karirnya, dan 38 lagunya yang mampu merajai tangga-tangga lagu musik country, termasuk "Hungry Eyes", "Momma Tried", dan "Okie from Muskogee" yang menjadi semacam lagu protes melawan subkultur hippie pada tahun 1960-an.

Pada tahun 1927 musik country mengalami perkembangan dan menjadi musik country modern dan ini tidak lepas dari peran dan pengaruh Jimmie Rodgers dan Carter Family. Rodger mencampurkan unsur-unsur hillbilly country, jazz, gospel, blues, pop, folk dan juga cowboy. Sebagian besar lagu Rodger terjual hingga lebih dari satu juta keping, termasuk lagu "Blue Yodel" dan ini menjadikan Rodgers sebagai penyanyi utama di awal era musik country. Group The Carter Family juga ikut meramaikan dunia musik country dengan 17 tahun berturut-turut merekam 300 lagu balada Old-time, lagu tradisional, lagu country dan hyme gospel yang merupakan peninggalan budaya dari Amerika Serikat bagian tenggara dan menjadi sejarah musik country disana. Kemudian di tahun 1930-1940an sejarah musik country berlanjut, lagu-lagu country sering direkam dan kemudian menjadi populer berkat beberapa di putar di film Hollywood. Bob Wills aadalah salah satu musisi country yang bermain di film Hollywood. Ia memainkan musik country yang di padukan dengan sedikit musik jazz, yang di kenal dengan westem swing. Spade Cooley dan Tex Williams juga memiliki band musik country populer yang bermain di Hollyood.

Pada tahun  1939-1945 musik country kembali berkembang, dan muncul country boogie, dengan lagu yang populer yaitu "Freight Train Boogie" dari Delmore Rothers. Lagu ini dianggap sebagai evolusi musik country dan blues menuju terbentuknay Rockabilly. Di tahun 1948, lagu "Guitar Boogie" dan "Banjo Boogie" dari Arthur "Guitar Boogie" berada di 10 urutan teratas tangga musik country Amerika. Pada periode Hillbilly Boogie sendiri terus berlanjut sampai tahun 1950-an, dan bertahan sampai abad ke-21 sebagai subgenre musik country. Musik country juga melahirkan jenis baru seperti Honky Tonk yang berasal dari Texas. Al Dexter dari Texas timur sukses mengeluarkan lagu "Honky Tonk Blues" lagu-lagu honky tonk sendiri erat dengan bar dan rumah minum, dan musisi-musisi yang membawakannya diantaranya yaitu Ernest Tub, Ted Dafdin, Floyd Tillman, Maddox Brothers and Rose dan Hank Williams dan kemudian mereka disebut sebagai musisi country tradisional.
Pada pertengahan tahun 1950-an sampai awal tahun 1960-an, sejarah musik country terus berlanjut sampai lahirnya irama yang dikenal dengan "Nashville Sound" mengubah industri musik country menjadi industri jutaan dolar, karena irama musik ini berasal dari berasal dari industri rekaman Nashville, Tennessee. Dibawah pengarahan produser seperti Chet Askinsm Owen Bradle dan Billy Sherrill, mereka mengantarkan nashville sound ke berbagai kalangan sekaligus menghidupkan kembali musik country. Pasty Cline, Jim Reeves, Floyd Cramer, Tammy Wynette dan Cgaerlie Rich adalah para musisi country yang tergolong ke dalam genre Nashville Sound. Di tahun 1956 bisa disebut dengan tahunnya Rockabilly untuk musik country. Musisi yang mengusung jenis ini adalah Elvis Presley, Johny Cash, dan Carl Perkins. Lagu-lagu mereka menempati peringkat teratas di tangga lagu Billboard. Genre musik Rockabilly sendiri mencapai kepopuleran di kalangan pendengar musik country di tahun 1950-an. Musik country mendapat perhatian dari seluruh masyarakat Amerika melalui acara musik Ozark Jubille. Acara musik ini disiarkan secara langsung dari Springfield, Missouri pada tahun 1955 sampai 1960. Musisi yang tampil di acara ini adalah musisi kelas atas, termasuk pemusik aliran Rockabilly.

Baca juga:

  1 komentar:

Popular Posts

Recent Comments

Formulir Kontak



Kategori

Comment

Chat Me

Artikel Terbaru