Seseorang yang lahir pada tanggal 5 July 1997, yang ketika masa remajanya dipanggil dengan nama Bang Biyik.

Senin, 23 Mei 2016

Sejarah Gitar

A. Sejarah Gitar
     Ada banyak versi tentang sejarah gitar, kali ini saya akan memberi tambahan tentang sejarah gitar yang pernah saya post sebelumnya. Masing-masing versi memiliki alasannya sendiri-sendiri. Ada yang mengatakan bahwa alat musik gitar berasal dari alat musik tradisional dari Spanyol, Tetapi banyak juga yang mengatakan bahwa sejarah gitar dimulai jauh sebelum masehi, yaitu pada zaman Babilonia. Pada awalnya alat musik ini berbentuk kecil dan hanya mempunyai 4 dawai, masing-masing dawai tersebut berpasangan. Namun ada juga yang mengatakan bahwa gitar ditemikan oleh manusia purba yang menemukan bunyi, yang kemudian menjadi nada pada tali uang biasa digunakan untuk berburu.
     Selama zaman Renaissance, alat musik gitar tidak populer dan tidak banyak dinikmati masyarakat. Pada saat itu, banyak orang yang tidak mengerti fungsi gitar sebagai permainan alat musik yang menyenangkan. Namun, setelah Alonso Mudarra, seorang musisi alam yang tekun mencari nada-nada indah pada gitar, mulai memperkenalkan alat musik ini lewat karya-karyanya, akhirnya orang-orang mulai tertarik mendengarkan dan memainkan alat musik ini, sehingga gitar mulai populer di masyarakat.
     Selanjutnya, di abad ke-17 atau periode baroque dawai (string), gitar mulai ditambahkan menjadi lima dawai yang masing-masing dawai juga berpasangan. Desain gitar yang seperti ini memungkinkan para pemainnya untuk memainkan musik yang lebih kompleks dan luas. Pada akhir abad ke-17, ada 2 perubahan penting dibuat. Pertama, Jika sebelumnya tiap-tiap dawai berpasangan, selanjutnya digantikan dengan menggunakan dawai-dawai tunggal. Kedua, Jika sebelumnya memiliki 5 dawai, kemudian ditambah menjadi 6 dawai tunggal yang digunakan sampai sekarang.
     Berikutnya, Pada periode klasik sekitar tahun 1750-1775, alat musik gitar banyak melahirkan komposer-komposer terkenal, diantaranya adalah Fernando Sor, Mauro Gualini, Matteo Carcassi, D.Aguado, dan Fernando Carulli. Mereka menulis musik dan sering mengadakan konser-konser gitar di berbagai tempat. Saat itu alat musik gitar sangat populer dan diminati banyak orang. Di samping itu, ada pula Nicolo Paganini. Selain dikenal dengan permainan biolanya, dia juga dikenal sebagai pemain gitar yang kerya-karyanya masih sering didengar sampai sekarang ini.
     Pada akhir abad ke-19, instrumen gitar jatuh pamor. Banyak orang-orang yang tidak mengenal alat musik ini, namun kemudian dipopulerkan kembali oleh Francisco Tarrega, seorang komposer besar gitar klasik. Fransisco Tarrega banyak menghasilkan karya musik yang sangat terkenal, diantaranya adalah Recuerdos de la Alhambra, Estudio Brillante, Capricho Arabe, dan masih banyak lagi. Francisco Tarrega juga banyak menulis dan menyusun metode untuk belajar gitar yang kemudian menjadi standar pengajaran dan pembelajaran gitar klasik sampai sekarang. Ia juga mencetak kemposer besar, salah satunya adalah Miguel Llobet.
     Pada perkembangan gitar selanjutnya juga memunculkan seorang desainer gitar yang sangat berjasa, yaitu Luthier Antonio Torres. Ia mencoba menambah ukuran gitar serta meningkatkan bunyi gitar agar lebih keras dan selaras. Ia banyak menyempurnakan bentuk gitar, seperti bentuk leher gitar lebih lebar dan tipis daripada bentuk gitar sebelumnya. Ia juga membuat standart dawai gitar dengan ukuran panjang 65 cm yang masih digunakan sampai sekarang.
     Pada tahun 1946, dawai yang sebelumnya terbuat dari Gut ( tali yang terbuat dari usus binatang) digantikan dengan dawai yang terbuat dari Nylon (String Nylon), Sehingga suara yang dihasilkan lebih lebar dan bagus. Alat musik gitar terus berkembang sampai sekarang dan sudah menjadi instrumen dunia. Jumlah pemain, pengajar, komposer, dan pembuat gitar ini sangat banyak. Sekolah-sekolah dan tempat kursus gitar juga mudah ditemui di setiap tempat. Bahkan sekarang ada juga majalah-majalah yang khusus membahas tentang gitar. Karena perkembangan ilmu dan teknologi semakin pesat, sekarang kita juga sudah mengenal gitar listrik (Elektick Guitar).

Baca juga :

  1 komentar:

Popular Posts

Recent Comments

Formulir Kontak



Kategori

Comment

Chat Me

Artikel Terbaru